HOME »» SERBA SERBI

Ribuan Kosmetik Ilegal Disita BPOM Banten

Ribuan Kosmetik Ilegal Disita BPOM BantenBadan Pengawasan Obat dan makanan (BPOM) Banten terus melakukan sejumlah razia untuk menanggulangi merebaknya kosmetik illegal di masyarakat. Seperti yang diketahui, kosmetik illegal sangat berbahaya bagi penggunanya. Dan untuk razia kali, BPOM Banten menyita ribuan kosmetik tanpa izin atau illegal.

Adapun kosmetik yang berhasil disita oleh BPOM berasal dari dua toko yang berada di Plaza Cileduk. Barang sitaan tersebut terdiri dari produk kecantikan yang memang digunakan oleh banyak orang. Seperti halnya maskara, bedak, pewarna rambut, lipstick dan beragam produk kecantikan lainnya. Kosmetik-kosmetik tersebut tidak memiliki izin edar ataupun kode produk yang biasanya tertera pada kemasan. Jumlahnya dari kosmetik sitaan cukup banyak, bahkan mencapai angka ribuan. Hal ini diakui oleh Erwin Sasmita, petugas penyidik BPOM Serang, yang menyebutkan bahwa hasil sitaan pada hari itu cukup banyak. Menurut Erwin, jumlah item kosmetiknya saja mencapai ratusan, dan jumlah barangnya mencapai ribuan.

Memang Razia ini sengaja dilakukan oleh BPOM guna memberantas kosmetik illegal yang makin marak di masyarakat. Erwin juga menegaskan bahwa tujuan utama dari razia ini tak lain adalah untuk memberantas kosmetik illegal. Adapun kosmetik yang dimaksud illegal tidak hanya kosmetik yang tidak memiliki izin edar, tetapi juga produk kosmetik yang pernah memiliki izin edar akan tetapi surat tersebut dicabut atau tidak diizinkan lagi karena hasil penelitian yang menyebutkan kosmetik tersebut berbahaya. Memang kosmetik illegal cukup berbahaya bagi kesehatan, khususnya kulit. Beberapapenelitian menyebutkan bahwa ternyata kosmetik illegal kerap mengandung zat yang bisa menyebabkan kanker kulit.

Kosmetik yang dirazia kebanyakan berasal dari luar Indonesia atau yang lebih dikenal dengan kosmetik impor. Seperti kosmetik asal China dan Taiwan yang cukup banyak disita oleh petugas. Memang kosmetik impor sering menjadi target operasi. Hal ini dikarenakan tidak sedikit kosmetik impor yang tidak memiliki izin edar di Indonesia.

Mengenai kosmetik illegal ini ternyata tidak disadari oleh para penjual. Pera penjual di Plaza Cileduk tersebut hanya mendapat barang dagangan dari suplyer. Suplyerlah yang mengantarkan barang ke tokonya. Jadi pedagang tidak tahu bahwa barang yang dijualnya ternyata barang palsu atau illegal. Bahkan pedagang yang barang dagangannya disita mengaku kaget begitu diketahui ternyata menjual barang illegal. Padahal tidak satupun ada pembeli yang komplin mengenai barang yang dijualnya. Justru pembelinya kian bertambah semenjak menjual kosmetik tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Ribuan Kosmetik Ilegal Disita BPOM Banten, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :