HOME »» SERBA SERBI

Ribuan Produk Kosmetik Impor Disita BBPOM Manado

kosmetik impor disita bbpom manadoMaraknya produk kosmetik dari luar negeri membuat Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado lebih siaga. Terbukti, kesiagaan yang dilakukan BBPOM bukan sekedar isapan jempol belaka. Sedikitnya ribuan produk kosmetik impor berhasil disita.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Seksi Pemeriksaan BBPOM Manado, Sukriadi Darma menyebutkan bahwa pihaknya sudah membawa 14 karton dari sebuah took kosmetik di daerah Manado. Dalam karton tersebut terdapat ribuan produk kosmetik yang tidak memiliki label sebagaimana mestinya. Alhasil, barang senilai ratusan juta tersebut kini menjadi barang sitaan BBPOM Manado.

Semua barang sitaan berupa produk kosmetik impor tersebut disita dari sebuah Toko Kosmetik EtudeHouse di daerah manado. Kosmetik yang disita dari toko tersebut adalah kosmtetik impor yang tidak berizin edar di Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam kosmetik tersebut tidak terdapat label yang memang menjadi ciri khas bagi produk impor yang sudah layak edar di Indonesia.

Adapun produk kosmetik yang disita oleh BBPOM Manado merupakan kosmetik yang memang cukup digandrungi oleh para anak muda. Seperti Magic Tint Balm, Miss Tangerine, Lucid Darling, dan Milk Talk Strawberry. Merk tersebut merupakan produk untuk kecantikan yang masih ngetrend di kalangan anak muda. Merk-merk tersebut ada yang berupa Bedak, pewarna kuku, Lotion, cream pemutih, lipstick, serta beberapa alat kecantikan lainnya.

Secara ekonomis, merk kosmetik tersebut memang memiliki harga di masyarakat. Kosmetik impor tersebut mulai dijual dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Jadi wajar jika secara keseluruhan barang sitaan BBPOM Manado bernilai ratusan juta rupiah. Sebuah nilai yang cukup besar apabila dilihat dari tempat penyitaan barang yang hanya berasal dari satu toko saja.

Kini BBPOM Manado meminta pertanggung jawaban dari pemilik barang. Sukri selaku Seksi Pengawasan meminta agar pemilik barang hadir ke kantornya guna memberi pertanggungan jawab. Tidak hanya disitu, Sukri juga mengingatkan apabila pemilik barang tersebut tidak dating ke kantornya dalam waktu yang ditentukan, maka bukan tidak mungkin pihaknya akan segea memusnahkan produk kosmetik impor tersebut.

Dalam sidak tersebut, BBPOM juga berhasil menemukan roti kering yang sudah kadaluarsa. Roti tersebut masih dipajang untuk dijual pada umum. Tepatnya di toko roti Bread Talk yang terdapat roti kadaluarsa sedang di jual. Bahkan waktu kadaluarsa roti tersebut sudah cukup lama yakni sekitar dua mingguan. Jadi mau tidak mau tim dari BBPOM Manado menyita barang-barang tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Ribuan Produk Kosmetik Impor Disita BBPOM Manado, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :