HOME »» SERBA SERBI

Serba-Serbi Kosmetik dan Dampak Buruknya

serba serbi kosmetikBagi hampir semua wanita, tampil cantik sempurna merupakan hal utama dalam penampilan. Setiap wanita tadi akan melakukan segala cara untuk tampil cantik setiap saat. Untuk itulah mereka rajin untuk menggunakan kosmetik agar mampu menutup kekurangan yang mereka punya. Tak heran jika banyak wanita akan menghabiskan waktu berlama-lama di meja rias sebelum menunjukkan dirinya ke dunia luar.

Ya, kosmetik selalu lekat dengan imej wanita. Kosmetik dapat meliputi segala macam benda yang berfungsi untuk memberi kesan cantik kepada penampilan seorang wanita. Beberapa macam kosmetik yang biasa digunakan oleh para wanita adalah bedak atau compact powder, eye shadow, eyeliner, mascara, lipstick, foundation, cream dan moisturizer, blush on, brow pencil, pelembab dan lain sebagainya. Sangat banyak bukan? Bahkan tak sedikit pula wanita yang rajin menghias wajahnya tidak hanya satu lapisan bedak saja melainkan berlapis-lapis dari 3 hingga 5 lapis. Terbayang bukan seberapa tebalnya?

Kosmetik dan dampak buruknya

Mengingat kebutuhan wanita akan kosmetik yang tinggi inilah, banyak para produsen kosmetik lokal maupun internasional berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah produk kosmetik dengan harapan laris terjual dikalangan wanita. Ada beberapa produsen produk kosmetik yang memberi iming-iming putih dalam sekejap, menghilangkan flek hitam dalam seminggu, menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, memberi kesan putih mengkilap layaknya porselen dan lain sebagainya. Hal ini jelas akan menarik konsumen untuk membeli produk tersebut tanpa mengetahui apa kandungan didalam produk kosmetik tersebut. Perlu diketahui bahwa produk kosmetik pasti memiliki bahan kandungan yang berasal dari senyawa kimia. Maka dari itu para produsen kosmetik harus melakukan pengujian terhadap produk yang mereka buat ke Balai Pusat Obat dan Makanan atau biasa kita sebut dengan BPOM. Disini, BPOM lah yang akan menentukan apakah produk kosmetik ini layak untuk digunakan oleh konsumen atau tidak. Sumber dari BPOM mengatakan bahwa semua produk kosmetik yang ada dalam daftar merk kosmetik berbahaya rata-rata memiliki kandungan berbahaya seperti mercury, hidroquinon dan bahan kimia lain yang digunakan dalam dosis berlebihan. Hal ini tentunya akan memberikan dampak negatif pada konsumen. Bagi para konsumen yang menggunakan produk kosmetik dengan bahan berbahaya seperti yang telah disebutkan tadi, efek buruknya adalah alergi, infeksi kulit atau dermatitis hingga yang paling parah adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Jadi apabila anda para wanita hendak membeli suatu produk kosmetik sebaiknya carilah label BPOM dikemasannya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Serba-Serbi Kosmetik dan Dampak Buruknya, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :