HOME »» ZAT KIMIA

Sodium Laureth Sulfate Sebagai Bahan ‘Detergen’ ??

sodium laureth sulfateSabun merupakan produk permbersih tubuh yang memang harus, kudu, wajib kita punya loh. Apalagi Sabun yang saat digunakan menghasilkan banyak busa dan juga saat dibilas terkesan kesat sehingga banyak orang beranggapan itu sangat Sabun itu bekerja dengan baik. Padahal kita belom tahu kandungan apa yang terdapat pada Sabun yang kita konsumsi. Salah satu zat kimia yang sering terdapat pada sabun adalah  Sodium laureth sulfate (SLS), Sodium laureth sulfate(SLS) adalah surfaktan atau detergen yang biasa terkandung pada produk perawatan tubuh seperti sabuh, pasta gigi, dan shampo. Sodium laureth sulfate (SLS)  berguna sebagai penghasil busa loh.

Dan kabar yang beredar, Sodium laureth sulfate (SLS) telah terbukti menyebabkan iritsi pada mata dan kulit, Ini telah dibuktikan dengan adanya percobaan pada hewan dan manusia. Produk yang mengandung Sodium laureth sulfate(SLS) ditemukan 1,4 -dioxane dalam kadar rendah, yag merupakan bahan dari karsinogen, pemakaian Sodium laureth sulfate pada produk pembersih harus dibatasi penggunaanya yang direkomendaikan oleh FDA.

Karena termasuk permbersih yang kuat, Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau sodium lauryl ether sulfate tidak hanya mengangkat kotoran pad tubuh namun juga mengangkat lemak yang berguna bagi tubuh. Padahal lemak pada kulit berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas, sengatan sinar UV, juga menjaga kelembaban kulit. Apa jadinya jika lemak ini malah terkikis oleh Sodium Lauryl Sulfate (SLS)? Pasti kulit kita akan mudah iritasi, alergi, dan lebih sensitif juga pertahanan kulit seperti lemak ini malah dihilangkan.

Berikut adalah 5 alasan kamu tidak boleh menggunakan produk yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) :

  • Dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi kulit dan mata

Yap, Sodium Lauryl Sulfate mengangka lemak kulit yang bermanfaat sehingga kulit tidak dapat menjaga kelembabanya sendiri, ini mengakibatkan iritasi dan alergi loh. Penyebab pada katarak mata orang dewasa juga terbukti karena menkonsumsi Sodium Lauryl Sulfate .

  • Dapat mengeluarkan zat berbahaya jika dipanaskan

Saat Sodium Lauryl Sulfate   dipanaskan, Sodium Lauryl Sulfate  akan menghasilakn racun Sodium Oxides dan Sulfur Oxides. Bagaimana ya kalau kita sedang mandi menggunakan shower dengan menggunakanproduk yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate  ? Wah bahaya banget ya?

  • Mempunyai sifat Korosif

Menurut penelitia di American College of Toxicity, sifat korosif ysng dimaksud adalah termasuk terhadap lemak dan protein pembentuk kulit dan otot. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)  juga ditemukan dalam pembersih garasi hingga sabun dan shampoo untuk mobil.

  • Dapat masuk kedalam jaringan tubuh

Menurut studi dari University of Georgia Medicine, Sodium Lauryl Sulfate  memiliki kemampuan untuk dapat masuk dan menetap dijaringan tuhuh kit sperrti otak, mata, hati hingga liver dapat dengan mudah masuk kedalam jaringan tubuh loh.

  • Berpotensi terkontaminasi dengan bahan beracun lain seperti Nitrate

Bahan beracun yang digunakan bersamaan dengan Sodium Lauryl Sulfate dapat mengakibatkan kanker/karsinogenik.

Terus Gimana dong cara mengenali produk yang mengandung ‘SLS’ ? Yap, ketelitian memang sangat diperlukan loh, bacalah label kandungan pada produk tersebut. Mungkin itu adalah satu – satunya cara simpel yang bisa kita lakukan untuk menghindari produk yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate . Sekian infromasi dari kami, Semoga bermanfaat ya, Girls!

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (3 votes cast)
Sodium Laureth Sulfate Sebagai Bahan 'Detergen' ??, 4.0 out of 5 based on 3 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :