HOME »» TIPS

Tips Menghindari Produk Kosmetik Palsu

tips menghindari produk kosmetik palsuProduk kosmetik palsu dan berbahaya kini kian marak beredar di masyarakat. Sebagai konsumen, masyarakat banyak yang kurang mengetahui dampak penggunaan produk kosmetik yang beredar secara ilegal. Produk kosmetik ilegal dapat dipastikan tidak melalui pemeriksaan badan POM sehingga tidak menutup kemungkinan produk tersebut mengandung bahan kimia atau zat yang berbahaya bagi kesehatan. Berdasarkan pengakuan salah satu konsumen produk kosmetik ilegal, pada awalnya memang produk tersebut memberikan hasil yang memuaskan, seperti kulit wajah menjadi lebih putih, cerah dan bersih, namun lama-lama tenyata merusak kulit. Ia mengaku kulitnya menjadi rentan dan terasa panas bila terkena sinar matahari hingga memerah. Oleh karena itu, sebagai konsumen kita perlu berhati-hati terhadap produk kosmetik palsu yang berbahaya bagi kulit.

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap produk kosmetik palsu dan ilegal. Tips yang pertama, periksa tanggal kadaluwarsa produk dan ijin edar. Setiap produk kosmetik yang telah melalui pemeriksaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan memiliki tanggal kadaluwarsa dan ijin edar. Jika produk tidak memiliki batas kadaluwarsa, dapat dipastikan bahwa produk tersebut ilegal atau mungkin penjual melakukan tindakan curang dengan tetap menjual produk yang telah melewati batas kadalwarsa. Kedua, periksa nama produk. Jika tulisan nama produk tidak jelas, mudah dihapus dan luntur kemungkinan besar produk tersebut palsu. Ketiga, coba oleskan pada kulit. Produk palsu dan berbahaya pada umumnya akan bereaksi pada kulit seperti panas, gatal dan iritasi.

Tips selanjutnya, pastikan anda membeli produk kosmetik di toko resmi. Dengan membeli pada agen penyaluran resmi dapat menjamin keaslian produk. Selain itu, periksa kemasan produk. Produk yang masih bagus tentu memiliki kemasan yang bagus, bersih bahkan bersegel dan tidak rusak. Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari produk kosmetik palsu. Produk kosmetik palsu dan ilegal biasanya mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, timah hitam, alumunium dan alkohol. Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan bahan berbahaya tersebut dalam jangka panjang dapat merusak kulit hingga menyebabkan timbulnya kanker. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan tawaran produk kosmetik yang tidak jelas. Produk ilegal tidak hanya merugikan konsumen, tetapi produsen maupun pengedar dapat dikenakan sanksi yang tegas sesuai dengan Undang-Undang dan hukum yang berlaku.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Tips Menghindari Produk Kosmetik Palsu, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :