HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Waspada Kosmetik Berbahaya BPOM 2012

kosmetik berbahaya bpom 2012Kecantikan lahir dan batin adalah tujuan setiap wanita. Tentunya kecantikan lahiriah dapat ditunjang dengan penggunaan alat kosmetik. Namun sayangnya sekarang ini mulai banyak kosmetik yang beredar luas dipasaran yang berbahaya bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Alih-alih mempercantik wajah malah penyakit akan bermunculan pad tubuh anda seiring dengan pemakaian produk kosmetik berbahaya. Bahkan tahun 2012 Badan Pengawasa Obat-obatan dan Makanan telah melansir banyak merk yang terbukti menggunakan zat yang dilarang terkandung dalam produk kecantikan. Beberapa Merek kosmetik tersebut yaitu :

  • Klip 80″S Night Cream,
  • Klip 80″S Day Cream,
  • VAYALA Nightly Cream,
  • VAYALA Daily Cream,
  • VAYALA Sabun Transparan.
  • FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red,
  • FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red (NA),
  • FEVES Color Cream 5.36 Golden Cupprum,
  • TAILAIMEI 3 in 1 Two way cake and eye shadow no.A3,
  • TAILAIMEI eye shadow and blusher 3 two way cake no. A12,
  • TAILAIMEI make up kit eye shadow and lipstick 7 blusher and two way cake no.A81
  • POND’S Beauty Care Make Up Lipstick Colorful Eye Shadow Two Way Cake (pink), 
  • IZOUCA Eye Shadow Two Way Cake with Pearl Nutrient, 


Berikut ini kita akan mengulas beberapa zat yang berbahaya yang dilarang penggunaannya untuk alat kecantikan dan termasuk dalam kosmetik berbahaya BPOM 2012.

Zat Kimia Berbahaya

Produk kosmetik yang menggunakan bahan merkuri masih termasuk dalam daftar kosmetik berbahaya BPOM 2012. Merkuri adalah nama yang asing ditelinga kita, dalam bahasa sehari-hari kita mungkin lebih familiar dengan air raksa. Ya, merkuri adalah air nama keren dari air raksa yangsudah kita kenal sangat berbahaya. Merkuri mengandung racun yang dapat menyebabkan efek pemutihan sementara selama kita menggunakannya. Namun pada saat penggunaan dihentikan bisa menyebabkan flek hitam yang semakin besar. Bahkan bagi beberapa jenis kulit dapat menyebabkan efek yang berlawanan yaitu malah mempergelap kulit secara masiv. Pemakaian yang terlalu sering dari produk yang mengandung bahan merkuri dapat menyebabkan kanker kulir. Bahkan dalam beberapa penilitian, merkuri mampu memperlambat pertumbuhan janin bagi wanita hamil dan bahkan menyebabkan keguguran. Selain merkuri kita juga perlu waspada terhadap kosmetik yang menggunakan bahan hidrokuinon karena juga termasuk di dalam kosmetik berbahaya BPOM 2012. Zat ini memang belum terasa berbahaya pada saat penggunaan awal atau dalam penggunaan kadar rendah. Namun pada saat mencapai kadar yang tertentu (5%) dapat menimbulkan efek panas seperti terbakar pada kulit. Bahkan bagi pengguna pemula yang menggunakan produk berbahan hidrokuinon namun sering berinteraksi dengan sinar matahari maka akan muncul efek berlawanan. Kulit akan menghitam bahkan muncul flek kuning di area penggunaan kosmetik ini.

Zat Pewarna Berbahaya

Alat kosmetik yang mengandung rhodamin B termasuk dalam kosmetik berbahaya BPOM 2012. Rhodamin B adalah zat pewarna yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Zat pewarna ini lebih lazim dikunakan pada pewarnaan tinta atau tekstil. Efek samping yang dapat ditimbulkan seperti gangguan pada saluran pernapasan dan memicu terjadinya kanker. Bahkan pada kadar tertentu dapat mengakibatkan kerusakan pada liver.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Waspada Kosmetik Berbahaya BPOM 2012, 5.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :