HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Waspada Terhadap Produk Kosmetik Berbahaya

 Waspada Terhadap Produk Kosmetik BerbahayaBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali melakukan aksi razia terhadap produk kosmetik berbahaya di Kota Bandung. Sebanyak 50 kosmetik yang disita petugas di beberapa toko kosmetik di ITC Bandung, merupakan produk yang beredar tanpa izin dari Badan POM atau menggunakan nomor registrasi BPOM palsu. Dengan keterangan tersebut, dapa dipastikan bahwa produk tersebut ilegal dan berbahaya bagi masyarakat. Menurut salah satu petugas, siapapun yang telah mengedarkan produk kosmetik ilegal dan berbahaya akan diberikan sanksi yang tegas sesuai peraturan yang berlaku. Beberapa produk yang disita BPOM diantaranya vitamin rambut, lulur pemutih serta beberapa merek produk kosmetik. Tindakan BPOM tersebut merupakan bukti antisipasi sekaligus tindakan tegas terhadap beredarnya produk kosmetik berbahaya yang semakin marak.

Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Kemenkes RI No.445 tahun 1998 mengenai Bahan, zat warna, substratum, zat pengawet serta tabir surya yang terkandung dalam kosmetik, menegaskan larangan beredarnya produk kosmetik berbahaya karena membahayakan kesehatan masyarakat. Penggunaan zat merkuri memberikan efek yang tidak baik bagi kulit, seperti terjadi iritasi, munculnya bintik-bintik hitam serta alergi kulit. Lebih parah lagi, merkuri bahkan dapat menyebabkan rusaknya sistem saraf dan organ vital manusia. Jika digunakan dalam dosis tinggi, merkuri dapat memicu kerusakan ginjal dan cikal bakal tumbuhnya kanker. Sedangkan zat Tretinoin dapat menyebabkan kerusakan kulit hingga kecacatan pada janin. Selain itu, bahan pewarna sintesis yang biasa digunakan pada pewarna rambut dapat memicu tumbuhnya kanker.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui dampak menggunakan produk kosmetik berbahaya ini. Mereka juga kurang mengetahui bahwa produk kosmetik yang digunakannya mengandung bahan kimia berbahaya. Sementara ini tindakan antisipasi dari Dinas Kesehatan adalah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke berbagai toko kosmetik dan menindak lanjuti jika terdapat indikasi bahwa produk yang dijual tersebut mengandung bahan berbahaya. Bagi masyarakat, Dinas Kesehatan menghimbau untuk berhati-hati memilih produk kosmetik. Kenali terlebih dahulu komposisi produk tersebut sebelum membeli. Pastikan produk tersebut telah diperiksa dan memperoleh izin untuk beredar dari BPOM. Produk yang dinyatakan mendapat izin dari BPOM biasanya memiliki nomor registrasi resmi yang tercantum pada produk tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/5 (1 vote cast)
Waspada Terhadap Produk Kosmetik Berbahaya, 4.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :