HOME »» KOSMETIK BERBAHAYA

Waspadai Bahaya Kosmetik Merkuri Ilegal

kosmetik merkuriTren kecantikan ada periodenya sendiri-sendiri. Seperti misalnya tren kecantikan kulit yang sedang marak di kalangan masyarakat Indonesia untuk memutihkan kulit. Warna alamiah masyarakat asli Indonesia yang gelap sesungguhnya justru membikin iri mereka yang memiliki kulit berwarna pucat dan ingin menggelapkan kulitnya. Namun, dengan sifat natural manusia yang membasiskan bahwa yang unik dan berbeda dari lingkungan asalnya itu biasanya lebih baik, maka keinginan memutihkan warna kulit pun lumrah di kalangan orang Indonesia dan sebaliknya, hasrat menggelapkan warna kulit juga lazim di antara masyarakat berkulit pucat semacam di Amerika Serikat—dan di belahan lain dunia. Kosmetik abal-abal yang menjanjikan dapat memutihkan kulit wajah dengan cepat umumnya mengandung merkuri. Merkuri memiliki sifat toksik, alias beracun, sehingga berbahaya bagi manusia bila mengonsumsi atau memakainya.

Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya

Di pasaran, kosmetik merkuri memiliki tekstur tidak lembut, bau menyengat, warna mencolok, kulit terasa gatal dan panas sehingga membuat kulit menjadi kemerahan. Untuk menjajal apakah kosmetik menyebabkan iritasi, gatal, atau panas, cukup oleskan sedikit ke punggung tangan dan gosok-gosokkan. Bila menyebabkan gejala yang telah disebutkan, maka ada indikasi kosmetik tersebut mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya dan lebih-lebih, jelas tidak cocok untuk kulit wajah. Bahaya kosmetik merkuri adalah bisa menyebabkan kanker kulit—dan juga kanker yang lain—yang berujung pada kematian. Juga mengakibatkan pikun, mual-mual, pusing, dan gangguan kesehatan lainnya. Sebab, merkuri pada hakikatnya merupakan logam berat bertoksin, sehingga berbahaya bagi organ tubuh manusia.

Waspada Kosmetik Ilegal

Ragam kosmetik merkuri dijual dengan kemasan dan label merek berbeda tanpa mencantumkan izin dokter atau izin BPOM, tapi tampilannya sama persis. Biasanya digembar-gemborkan memiliki khasiat sama, yaitu dapat memutihkan kulit wajah dalam waktu yang sangat singkat. Ditambah lagi bisa mengecilkan pori-pori kulit wajah, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, satu yang pasti, semuanya secara instan dalam jangka waktu yang tidak masuk di akal cepatnya, hanya dalam satu pekan. Sebab itu, jangan terburu nafsu, hanya karena ingin memiliki kulit wajah putih dalam sekejap, wajah justru menjadi rusak akibat memakai kosmetik yang diracik oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang hanya menginginkan uang dan keuntungan semata tanpa memedulikan korbannya. Tidak hanya kaum wanita saja yang mesti berhati-hati, dengan era kaum pria metroseksual seperti sekarang ini, jelas wanita maupun pria, harus cermat dalam memilih kosmetik dan tidak tergiur pada harga yang sangat murah dan janji-janji palsu, misalnya dapat memutihkan atau menghilangkan jerawat dalam waktu yang amat singkat.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 1.5/5 (2 votes cast)
Waspadai Bahaya Kosmetik Merkuri Ilegal, 1.5 out of 5 based on 2 ratings

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :