HOME »» ZAT KIMIA

Zat Berbahaya Pada Bahan Pemutih Wajah

bahan pemutih wajahMenjadi seorang perempuan yang memiliki kulit putih dan lembut adalah dambaan setiap wanita. Banyak cara yang akhirnya mereka tempuh untuk mendapatkan kulit yang putih dan bersih. Dari yang murah seperti menggunakan produk-produk kecantikan pemutih wajah sampai yang mahal seperti operasi. Sayangya, banyak orang yang tidak sadar bahwa beberapa produk kecantikan menggunakan bahan pemutih wajah yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini tidak hanya sangat meresahkan para pengguna, tetapi juga dapat mengancam keselamatan jiwa mereka apabila digunakan, walaupun tanpa sadar, dalam jangka waktu yang lama. Namun anda tidak perlu khawatir lagi. Berikut adalah beberapa daftar bahan-bahan berbahaya yang dapat anda temukan dalam beberapa produk kosmetik pencerah wajah. Satu peraturan yang wajib anda ikuti. Apabila anda menemukan bahan ini di produk anda, segera hentikan penggunaan dan periksakan ke dokter kulit yang berpengalaman.

Beberapa Bahan Berbahaya Yang Harus Anda Waspadai

Hal yang harus anda perhatikan pertama kali saat memilih sebuah produk pemutih wajah adalah apabila ia mengandung mercury atau tidak. Zat ini memiliki sifat karsinogenik dan sangat berbahaya bagi tubuh. Gejala penyakit paling ringan yang dapat ditimbulkan zat ini apabila terpapar pada tubuh adalah alergi, bintik hitam pada kulit, iritasi ringan, sampai yang paling berbahaya adalah kerusakan ginjal, gangguan janin pada ibu hamil, muntah, bahkan kematian. Selain mercuy, anda harus memastikan bahwa produk anda juga terbebas dari hidrokinon. Walaupun hidrokinon sangat efektif untuk menghambat proses terjadinya melanin pada kulit, ia bisa membuat kulit terasa terbakar dan juga iritasi parah. Hidrokinon sendiri sering digunakan untuk cat dan bahan minyak permis.

Anda juga harus berhati-hati terhadap penggunaan rhodamin B pada produk-produk kosmetik. Ia sangat berbahaya apabila digunakan jangka panjang pada kulit, apalagi sampai terkena mata atau bahkan tertelan. Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh zat kimia berbahaya ini adalah iritasi pada kulit, gangguan pernafasan, terganggunya saluran pencernaan dan bahkan sampai kemungkinan besar tubuh menderita kanker hati. Pada kenyataannya, rhodamin B lebih sering digunakan pada industri tekstil dan juga kertas. Tidak mengherankan apabila ia bisa sangat berbahaya apabila terkena tubuh. Yang terakhir adalah retinoat atau lebih dikenal dengan nama retinoic acid. Ia merupakan senyawa asam hasil pembentukan aktif  oleh vitamin A atau lebih dikenal dengan nama retinol. Pada umumnya, senyawa ini digunakan sebagai bahan pengobat jerawat atau acne. Sayangnya, walaupun sangat efektif sebagai obat jerawat, ia sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak mengherankan apabila pengunaan zat ini pada produk kosmetik sudah menjadi hal yang ilegal.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/5 (0 votes cast)

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :