HOME »» ZAT KIMIA

Zat Berbahaya Pada Kosmetik

zat berbahaya pada kosmetikSudah banyak iklan produk kecantikan yang mulai bermunculan di televisi, hal tersebut mempengaruhi para calon konsumen khususnya wanita yang ingin menggunakan produk tersebut atau ingin membuat kulit wajahnya menjadi lebih putih seperti para model produk kecantikan yang ada di televisi. Rata-rata dari mereka banyak yang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli produk kecantikan tersebut, demi mendapatkan kulit yang didambakannya seperti para model di iklan-iklan televisi. Mereka tidak lagi memikirkan lagi tentang zat-zat berbahaya pada kosmetik tersebut. Dari kasus di atas merupakan alasan mengapa banyak orang yang terjerumus menggunakan kosmetik yang justru sebenarnya sangat berbahaya bagi kulit wajah. Biasanya terdapat pada produk-produk yang menawarkan hasil instant, misalnya dapat memutihkan wajah secara cepat hanya dalam waktu beberapa jam atau bahkan menit saja.

Jenis Zat-Zat Berbahaya Pada Kosmetik

Memang tidak semua produk kosmetika ini mengandung zat-zat yang membahayakan, ada juga yang memang menggunakan bahan-bahan atau zat-zat alami seperti: bahan guanine yang biasanya diperoleh dari sisik-sisik ikan laut, yang berbentuk kristal transparan, reflektif dan mengkilat seperti pada mutiara. Sedangkan produk kosmetika yang dianggap berbahaya menggunakan zat-zat berbahaya seperti:

1. Merkuri, yang pada dasarnya memang sangat ampuh untuk memucatkan warna kulit tetapi dilarang untuk pemakaiannya dalam produk kosmetik, karena dapat membuat kulit wajah kita menjadi iritasi, alergi, bintik-bintik gatal yang timbul pada kulit, dll.

2. Hidrokinon, yang termasuk senyawa kimia dalam golongan obat keras. Kandungan hidrokinon pada kosmetik yang digunakan dalam wajah dapat berakibat iritasi dan kulit terbakar, panas, kemerahan pada wajah.

3. Rhodamin B, merupakan zat pewarna yang sintetis. Zat ini biasa digunakan oleh industry kertas dan tekstil. Dampak yang timbul pada kulit bisanya berupa: iritasi pada kulit, iritasi di saluran pencernaan dan saluran pernafasan dan parahnya dapat menimbulkan kanker hati.

4.  Retin-A (Retinoic Acid) / Asam Retinoat, sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki kulit sensitive karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Biasanya zat-zat tersebut yang terkandung dalam kosmetik berbahaya, memiliki sifat yang tidak bisa larut di dalam air (nonpolar). Bahan berbahaya tersebut akan terus menempel hingga membuat penumpukan di kulit dalam penggunaan jangka panjang. Maka dari itu kita dituntut untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam membeli kosmetik.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 2.0/5 (1 vote cast)
Zat Berbahaya Pada Kosmetik, 2.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :