HOME »» ZAT KIMIA

Jenis Zat Kimia yang Berbahaya pada Kosmetik

zat kimia yang berbahayaTampil cantik dan menarik tentu adalah idaman para perempuan di dunia ini. Salah satu cara agar tampak lebih cantik dan menarik adalah dengan menggunakan kosmetik untuk merias wajah. Kini banyak pilihan produk kosmetik yang dijual di toko-toko khusus kosmetik baik produk kosmetik dalam negeri maupun luar negeri. Namun sebagian besar pengguna kosmetik tidak mengetahui komposisi bahan yang terkandung dalam kosmetik yang mereka gunakan apakah aman untuk kulit mereka atau tidak. Mereka hanya ingin tampil cantik saja tanpa mempertimbangkan bahaya atau efek samping yang akan mereka dapatkan jika kosmetik yang mereka pakai mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi kulit dan kesehatan tubuh mereka. Zat apa saja yang tergolong berbahaya pada kosmetik? Berikut adalah review tentang zat zat kimia yang berbahaya.  

Parabens Sebagai Bahan Pengawet

Zat kimia pertama yang berbahaya pada kosmetik adalah zat paraben atau setara dengan bahan pengawet. Zat ini biasa dipakai sebagai bahan pengawet kosmetik agar kosmetik awet dan tahan lama hingga berbulan-bulan. Zat kimia ini mampu mencegah pertumbuhan bakteri pada kosmetik sehingga kosmetik tidak akan mudah rusak karena aktivitas bakteri. Dan akhir-akhir ini sebuah penellitian menemukan sebuah fakta bahwa zat kimia ini ditemukan pada sel-sel tumor dan kanker payudara. Hasil penemuan ini memperkuat bahwa zat paraben ini tak lain adalah salah satu penyebab kanker payudara dan tumor. Zat kimia ini mempunyai kemampuan untuk menyerupai hormon estrogen dan sangat berkontribusi besar dalam pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara. Dan penemuan terbaru menyebutkan bahwa zat paraben dapat menyebabkan kerusakan DNA dan penuaan dini.

Phthalates Sebagai Zat Pelarut

Zat kimia berbahaya berikutnya adalah phthalates yang berperan sebagai pelarut yang digunakan pada kosmetik. Kosmetik akan tampak lebih sempurna setelah dicampur dengan zat ini. Pemakaian dalam kurun waktu yang cukup lama dapat memciu toksisitas pertumbuhan dan reproduksi. Dan pemakaian dalam jangka panjang akan memicu terjadinya berbagai jenis penyakit kanker. Triclosan juga dikelompokan sebagai salah satu zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik. Zat triclosan ini memiliki peran antibakteri yang ternyata dapat mengganggu fungsi hormon sehingga dapat memicu beberapa jenis gangguan pada kulit seperti alergi dan iritasi. Triclosan jika terus menerus masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan adanya resistensi bakteri terhadap berbagai macam antibiotik. Dan zat berbahaya lainya yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh adalah petroleum atau mineral oil. Zat ini dapat menyebabkan kulit kusam dan berminyak.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
Jenis Zat Kimia yang Berbahaya pada Kosmetik, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Sebarkan artikel penting ini melalui social media berikut :



Berikan Komentar Anda :




kosmetik berbahaya